21 Juli 2023

KEGIATAN POSYANDU DI DUSUN KLATAK

Pada tanggal 21 Juli 2023, kelima mahasiswa dari Universitas Brawijaya mengunjungi posyandu di Dusun Klatak, Desa Sidomulyo, Kec. Sidorejo, Kab. Magetan. Kunjungan tersebut sebagai bentuk pembelajaran bagi mahasiswa mengenai kegiatan-kegiatan yang dilakukan di posyandu. Mahasiswa membantu kegiatan di posyandu mulai dari mengukur berat badan, tinggi badan, pemberian makanan pada balita dan merekap data balita yang datang. Kegiatan posyandu tersebut dimulai pada pukul 09.00 hingga 10.30 yang didampingi oleh ibu-ibu dari puskesmas.


Kegiatan posyandu di Dusun Klatak merupakan pengalaman pertama bagi Ahmad Izzudin dalam mengunjungi posyandu. Banyak pelajaran dan pengalaman berharga yang didapat setelah mengikuti kegiatan posyandu. Ahmad mengungkapkan kesan pertama yang baik saat datang ke posyandu, “Saya merasa disambut baik oleh pemilik rumah dan pengurus posyandu di sana. Ibu-ibunya sangat ramah dalam berinteraksi pada saya yang belum pernah datang ke posyandu”. Ahmad membantu dalam mengukur berat badan anak-anak yang datang. Ibu-ibu di sana juga bercerita tentang anak-anak mereka dan bagaimana menjaga kesehatan anak-anak mereka menjadi pengetahuan baru bagi Ahmad. Ahmad juga mengungkapkan pengalaman berharga yang didapat, “Saya sangat salut dengan warga yang masih menjaga silaturahmi dan solidaritas pada kegiatan posyandu ini walaupun saya memiliki kesulitan dan merasa canggung dalam berinteraksi dengan anak-anak”. Kesulitan untuk berinteraksi dengan anak-anak itu menjadi tantangan bagi Ahmad dalam mengukur berat badan. Namun, semua itu terbayar dengan senyum bahagia dari ibu-ibu dan anak-anak setelah berhasil diukur berat badannya. “Saya merasa senang bisa ikut membantu dan berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan masyarakat sekitar”, ungkap Ahmad.

SISWO PRANOTO (KEPALA DESA)    WIDI HANDANTO (KASI PEMERINTAHAN)    AGUNG GUNAWAN WIJIONO (KAMITUWO KLATAK)    SUJAR (SEKRETARIS DESA)    DHENDY MURYANTO (KAMITUWO GANGGING)    KUSLAN (KAMITUWO NGROBYONG)    NINA YULIANTI (KAUR KEUANGAN)    AGUS SUPRIYANTO (KAMITUWO GONDANG)    HADI SISWANDI (KAUR PERENCANAAN)    SUKAMTO (KAMITUWO NGIJO)    HARNO (KAUT TU & UMUM)    SUMONO (KASI PELAYANAN)    KEMIS (KASI KESEJAHTERAAN)