24 Juli 2023

SOSIALISASI STRATEGI BRANDING PEMASARAN DIGITAL, PENTINGNYA VISUAL BRANDING DAN PENDAMPINGAN PEMASARAN DIGITAL UNTUK PRODUK UMKM DESA SIDOMULYO, KEC. SIDOREJO, KAB. MAGETAN

Pada tanggal 20 Juli 2023 telah dilakukan sosialisasi pemasaran digital oleh mahasiswa dari Universitas Brawijaya. Pada sosialisasi tersebut menjelaskan tiga tema “Strategi Branding Pemasaran Digital sebagai Bentuk Strategi untuk Meningkatkan Produksi UMKM di Desa Sidomulyo”, “Pentingnya Visual Branding bagi Produk UMKM di Desa Sidomulyo”, dan “Pendampingan Pemasaran Digital Untuk Produk UMKM Desa Sidomulyo” yang nantinya akan diterapkan oleh UMKM di Desa Sidomulyo, Kec. Sidorejo.
Sosialisasi mengenai ‘Branding Pemasaran Digital sebagai Bentuk Strategi untuk Meningkatkan Produksi UMKM di Desa Sidomulyo disampaikan oleh Muhammad Rommy Fikri Falih. Pada sosialisasi tersebut menjelaskan bahwa pemasaran digital merupakan kegiatan memasarkan produk atau brand menggunakan media digital. Kegiatan pemasaran digital memberikan kelebihan pada produk yaitu jangkauan yang lebih luas, murah, dan efisien. Namun dalam memanfaatkan digitalisasi, juga perlu menyusun strategi yang tepat. Strategi pertama tersebut dapat dimulai dengan memahami tujuan bisnis yang dilakukan. Kedua, mengenali target konsumen yang tepat sesuai dengan produk yang ditawarkan. Ketiga, memilih platform digital yang tepat. Keempat, setelah memilih platform yang tepat perlu membuat konten-konten yang berkualitas.


Setelah mengetahui platform digital yang tepat, sebagai pemilik UMKM perlu mengetahui visual branding dalam memasarkan produknya. Sosialisasi “Pentingnya Visual Branding Bagi Produk UMKM” disampaikan oleh Abdullah Yusuf Azzam menjelaskan bahwa visual branding dapat menciptakan identitas visual yang mudah dikenali dan konsisten dengan melibatkan penggunaan elemen logo, warna, gambar. Visual branding juga dapat membantu memedakan merek produk dengan produk pesaing lainnya, menciptakan kesan yang profesionalitas pada platform digital yang dipilih serta membangun hubungan dengan pelanggan dengan kesadaran merek yang telah dibangun.

Sosialisasi “Pendampingan Pemasaran Digital untuk Produk UMKM Desa Sidomulyo” telah sampaikan oleh Jihan Aula Rohmah menjelaskan pendampingan produk untuk meningkatkan visibilitas, penjualan, dan pertumbuhan bisnis secara keseluruhan. Dengan konten yang menarik, dapat menarik komunitas pelanggan yang lebih luas. Pada sosialisasi dipilih media sosial Instagram dan tiktok sebagai salah satu contoh pemsaran digital yang ramai digunakan oleh pemilik UMKM. Selain membuat konten yang menarik, terdapat beberapa cara dalam membuat video menjadi viral yaitu menentukan tema yang menarik, menggunakan music yang sedang popular, menggunakan hashtag, mengikuti trend, dan memposting di waktu yang tepat.

SISWO PRANOTO (KEPALA DESA)    WIDI HANDANTO (KASI PEMERINTAHAN)    AGUNG GUNAWAN WIJIONO (KAMITUWO KLATAK)    SUJAR (SEKRETARIS DESA)    DHENDY MURYANTO (KAMITUWO GANGGING)    KUSLAN (KAMITUWO NGROBYONG)    NINA YULIANTI (KAUR KEUANGAN)    AGUS SUPRIYANTO (KAMITUWO GONDANG)    HADI SISWANDI (KAUR PERENCANAAN)    SUKAMTO (KAMITUWO NGIJO)    HARNO (KAUT TU & UMUM)    SUMONO (KASI PELAYANAN)    KEMIS (KASI KESEJAHTERAAN)