28 Juli 2023

PENANAMAN BIBIT POHON DI DESA SIDOMULYO DALAM RANGKA PENANAMAN 14.000 POHON DI JAWA TIMUR

Universitas Brawijaya akan menyelenggarakan kegiatan Launching Aplikasi Tetenger Bumi Universitas Brawijaya di Desa Klino Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro dan Aksi Penanaman 14.000 Pohon Buah di Jawa Timur (1000 Desa, 30 Kabupaten) dengan penyebaran kebutuhan bibit pohon di setiap desa. Desa Sidomulyo Kabupaten Magetan merupakan salah satu desa yang menjadi partisipan dalam penanaman 14.000 pohon buah di Jawa Timur. Terdapat 13 jenis bibit tanaman yang akan ditanam di Desa Sidomulyo yaitu nangka, sawo, klengkeng, manggis, manga, kepel, blimbing, dan jambu. Bibit-bibit tanaman tersebut diberikan perangkat desa dan ditanam pada lapangan Bumi Perkemahan Argo Mulyo.

Penanaman bibit tersebut dilakukan oleh mahasiswa Universitas Brawijaya yang didampingi oleh perangkat desa Pak Dhendy. Penanaman bibit pohon ini dilakukan sebagai upaya pelestarian lingkungan melalui penanaman pohon dengan pemantauan penginderaan jauh dan Sistem Informasi Geografis. Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menanam pohon, meningkatkan kadar oksigen, mengurangi kadar karbon dioksida di pedesaan, dan meningkatkan buah atau kayu yang dihasilkan pohon tersebut.

SISWO PRANOTO (KEPALA DESA)    WIDI HANDANTO (KASI PEMERINTAHAN)    AGUNG GUNAWAN WIJIONO (KAMITUWO KLATAK)    SUJAR (SEKRETARIS DESA)    DHENDY MURYANTO (KAMITUWO GANGGING)    KUSLAN (KAMITUWO NGROBYONG)    NINA YULIANTI (KAUR KEUANGAN)    AGUS SUPRIYANTO (KAMITUWO GONDANG)    HADI SISWANDI (KAUR PERENCANAAN)    SUKAMTO (KAMITUWO NGIJO)    HARNO (KAUT TU & UMUM)    SUMONO (KASI PELAYANAN)    KEMIS (KASI KESEJAHTERAAN)