24 Juli 2023

SOSIALISASI PENGOLAHAN LEMON

Pada tanggal 24 Juli 2023 telah dilakukan program kerja pengolahan lemon di Desa Sidomulyo, Kec. Sidorejo, Kab. Magetan oleh tiga mahasiswa dari Universitas Brawijaya. Kegiatan tersebut dilakukan oleh Yosi Elisa Saragih, Marvella Zetta, dan Anindya Puspitasari terkait sosialisasi pengembangan lemon dan praktik produk olahan lemon. Pada program kerja tersebut disampaikan “Pengembangan Wisata Edukasi Lemon di Desa Sidomulyo”, “Pembuatan Olahan Lemon menjadi Sari Lemon”, “Pengolahan Lemon menjadi Selai lemon”

Pada sosialisasi tersebut, menjelaskan adanya potensi lahan lemon di Desa Sidomulyo untuk dijadikan tempat wisata. Lahan lemon yang dijadikan tempat wisata harus fokus pada satu penanaman buah dan penataan lahan yang rapi sehingga terfokuskan pada satu jenis buah yang akan ditawarkan pada wisatawan. Selain itu, dalam membuat wisata lemon harus memiliki beberapa hal yang ditawarkan seperti something to buy, something to see, dan something to do. Pada perencanaan pembangunan wisata dijelaskan oleh bahwa something to see itu dapat menikamti keindahan pemandangan lahan lemon, something to buy itu terdapat sesuatu yang dapat dibeli oleh wisatawan seperti olahan lemon berupa sari lemon dan selai lemon, dan semothing to do itu dapat memetik lemon secara langsung. Pada wisata edukasi juga memerlukan guiding atau panduan agar wisatawan dapat menikmati wisata lemon dengan lebih nyaman dan dapat menyediakan brosur yang berisi denah wisata lemon.

Setelah memaparkan pemanfaatan lahan lemon di Desa Sidomulyo sebagai wisata edukasi, juga menjelaskan prosedur pembuatan sari lemon dan selai lemon agar menjadi salah satu potensi produk olahan lemon. Sosialisasi menjelaskan cara pembuatan sari lemon, hasil sari lemon tersebut diberikan kepada ibu-ibu yang datang untuk mencoba rasa sari lemon. Setelah itu, menjelaskan prosedur pembuatan selai lemon. Hasil selai lemon tersebut diberikan kepada ibu-ibu yang datang disajikan dengan roti panggang.

SISWO PRANOTO (KEPALA DESA)    WIDI HANDANTO (KASI PEMERINTAHAN)    AGUNG GUNAWAN WIJIONO (KAMITUWO KLATAK)    SUJAR (SEKRETARIS DESA)    DHENDY MURYANTO (KAMITUWO GANGGING)    KUSLAN (KAMITUWO NGROBYONG)    NINA YULIANTI (KAUR KEUANGAN)    AGUS SUPRIYANTO (KAMITUWO GONDANG)    HADI SISWANDI (KAUR PERENCANAAN)    SUKAMTO (KAMITUWO NGIJO)    HARNO (KAUT TU & UMUM)    SUMONO (KASI PELAYANAN)    KEMIS (KASI KESEJAHTERAAN)