20 Juli 2023

KEGIATAN POSYANDU DI DUSUN NGROBYONG

Lima Mahasiswa dari Universitas Brawijaya mendatangi posyandu Dusun Ngrobyong, Desa Sidomulyo, Kec.Sidorejo, Kab. Magetan pada tanggal 20 Juli 2023. Kegiatan di Posyandu Ngrobyong dimulai pada pukul 09.00 yang dihadiri lebih dari 30 ibu, balita, dan lansia. Kelima mahasiswa tersebut membantu kegiatan yang ada di Posyandu mulai dari mengukur berat badan, tinggi badan, dan membantu merekap administrasi ukuran berat badan dan tinggi badan pada buku kesehatan ibu dan anak.
Setelah melalui pengecekkan berat badan dan tinggi badan, akan dibagikan makanan berupa sop baso dan pisang kepada balita yang datang. Tidak hanya untuk balita, posyandu tersebut juga memiliki kegiatan dalam mengecek kesehatan untuk lansia (lanjut usia) serta pengukuran tensi darah. Kegiatan di Posyandu Ngrobyong berlangsung hingga pukul 11.00 didampingi oleh 2 orang dari puskesmas dan ibu-ibu.


Kegiatan posyandu di Dusun Ngrobyong merupakan pengalaman kedua bagi Muhammad Rommy Fikri Falih dalam mengikuti kegiatan posyandu. “Saat pertama kali mengujungi posyandu Dusun Ngrobyong, saya merasa terkesan dengan fasilitas yang mencukupi. Tempatnya lebih luas dan bersih”, ungkap Rommy. Rommy membantu mengukur tinggi badan anak-anak yang datang dan mendokumentasikan kegiatan di posyandu. Rommy dengan baik berinteraksi dengan anak-anak yang datang, “Saya membawa jajanan untuk anak-anak yyang datang dan itu membuat mereka senang. Namun, ada juga anak yang menangis karena takut. Saya mencoba menenangkan dan membujuknya agar mau diukur tinggi badannya”. Selain itu, Rommy juga berinteraksi dengan ibu-ibu yang ramah. “Pengalaman berharga yang saya dapatkan adalah ketika saya memberikan hadiah kecil kepada anak-anak setelah selesai diukur tinggi badannya. Hal ini membuat saya lebih mudah dekat dengan mereka” ungkapnya. Selain pengalaman berharga, ada pula tantangan yang dihadapi, “Tantangan yang saya hadapi adalah harus sabar menghadapi anak-anak yang agak susah diatur saat menunggu giliran. Namun, semuanya terbayar dengan kepuasan saat melihat anak saya tumbuh sehat dan kuat” ungkap Rommy

SISWO PRANOTO (KEPALA DESA)    WIDI HANDANTO (KASI PEMERINTAHAN)    AGUNG GUNAWAN WIJIONO (KAMITUWO KLATAK)    SUJAR (SEKRETARIS DESA)    DHENDY MURYANTO (KAMITUWO GANGGING)    KUSLAN (KAMITUWO NGROBYONG)    NINA YULIANTI (KAUR KEUANGAN)    AGUS SUPRIYANTO (KAMITUWO GONDANG)    HADI SISWANDI (KAUR PERENCANAAN)    SUKAMTO (KAMITUWO NGIJO)    HARNO (KAUT TU & UMUM)    SUMONO (KASI PELAYANAN)    KEMIS (KASI KESEJAHTERAAN)