28 Juli 2023

IMPLEMENTASI FOOD DEHYDRATOR PADA PENGERINGAN BUNGA MAWAR SEBAGAI PRODUK TEH UMKM DESA SIDOMULYO

Pada tanggal 28 Juli 2023 telah dilakukan sosialisasi "Implementasi Food Dehydrator pada Pengeringan Bunga Mawar sebagai Produk Teh UMKM Desa Sidomulyo" oleh Ratih Siwi Dwi Widyastuti, mahasiswa dari Universitas Brawijaya. Sosialisasi ini dihadiri oleh 11 ibu-ibu petani mawar yang mengembangkan produk olahan mawar.

Pada sosialisasi tersebut dilatarbelakangi dengan ketersediaan bunga mawar di Desa Sidomulyo dapat dijadikan inovasi olahan produk mawar untuk meningkatkan nilai ekonomi. Sosialisasi ini menjelaskan penggunan food dehydrator dalam pembuatan teh mawar yang bermanfaat dalam menghambat sel kanker, anti peradangan, dan antibakteri. Alat food dehydrator menggunakan kombinasi panan rendah dan aliran udara yang terkontrol dalam menghilangkan kelembaban dari bunga mawar dengan cara mengeringkan bunga dalam waktu yang lebih singkat namun tetap mempertahanan warna dan bentuk asli bunga mawar. Pada sosialisasi tersebut menjelaskan prosedur pembuatan teh dengan dehydrator yaitu dengan memisahkkan petal bunga mawar dengan tangkai bunganya lalu dicuci bersih dan ditata pada tray food dehydrator. Penggunaan food dehydrator ini dihentikan saat bunga mawar sudah kering dan mendiamkan bunga mawar di suhu yang dingin.


Setelah menjelaskan prosedur pembuatan teh mawar dengan food dehydrator, juga memberikan sampel hasil teh celup yang telah dibuat kepada seluruh partisipan yang hadir. Alat dehydrator ini juga akan diberikan kepada Desa Sidomulyo untuk mengembangkan produk teh mawar di Desa Sidomulyo.

SISWO PRANOTO (KEPALA DESA)    WIDI HANDANTO (KASI PEMERINTAHAN)    AGUNG GUNAWAN WIJIONO (KAMITUWO KLATAK)    SUJAR (SEKRETARIS DESA)    DHENDY MURYANTO (KAMITUWO GANGGING)    KUSLAN (KAMITUWO NGROBYONG)    NINA YULIANTI (KAUR KEUANGAN)    AGUS SUPRIYANTO (KAMITUWO GONDANG)    HADI SISWANDI (KAUR PERENCANAAN)    SUKAMTO (KAMITUWO NGIJO)    HARNO (KAUT TU & UMUM)    SUMONO (KASI PELAYANAN)    KEMIS (KASI KESEJAHTERAAN)