18 Juli 2023

KEGIATAN POSYANDU DI DUSUN GANGGING

Pada tanggal 18 Juli, lima mahasiswa dari Universitas Brawijaya telah datang ke posyandu Dusun Gangging, Desa Sidomulyo, Kec. Sidorejo, Kab. Magetan. Kegiatan posyandu tersebut dimulai sejak pukul 09.00-10.30 yang didatangi oleh 2 anggota dari puskemas dan sekitar 10 anggota ibu-ibu yang membantu. Kegiatan yang dilakukan yaitu menimbang berat badan balita, mengukur tinggi badan balita, dan memberi makan pada balita dsebagai penambah gizi. Makanan yang diberikan terdiri dari mie, nasi, sop, dan jus jambu.

Pada posyandu ini tidak hanya untuk balita dalam menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan, namun juga terdapat posbindu untuk lansia ibu-ibu berkonsultasi seperti konsul pertumbuhan anak, mengecek kesehatan dengan mengukur tensi darah dan menangani keluhan-keluhan yang dialami. (Kegiatan ini juga berinteraksi dengan ibu-ibu yang datang dengan mahasiswa).

Adanya pengalaman baru yang didapatkan dari setiap mahasiswa yang datang. Rommy, mahasiswa dari Universitas Brawijaya, “Kesabaran. Kesabaran dalam menghadapi anak-anak karena tidak bisa ditebak. Bisa tiba-tiba nangis jadi butuh ekstra kesabaran. Kedua, inisiatif. Karena ibu-ibu juga tidak meminta bantuan jadi mahasiswa perlu inisiatif untuk membantu kegiatan diposyandu”. Selain pengalaman baru, mahasiswa juga memiliki saran pada kegiatan di posyandu tersebut sepeert penambahan arah dalam alur kegiatan di posyandu dan kebersihan alat timbang dalam mengukur berat badan balita.

SISWO PRANOTO (KEPALA DESA)    WIDI HANDANTO (KASI PEMERINTAHAN)    AGUNG GUNAWAN WIJIONO (KAMITUWO KLATAK)    SUJAR (SEKRETARIS DESA)    DHENDY MURYANTO (KAMITUWO GANGGING)    KUSLAN (KAMITUWO NGROBYONG)    NINA YULIANTI (KAUR KEUANGAN)    AGUS SUPRIYANTO (KAMITUWO GONDANG)    HADI SISWANDI (KAUR PERENCANAAN)    SUKAMTO (KAMITUWO NGIJO)    HARNO (KAUT TU & UMUM)    SUMONO (KASI PELAYANAN)    KEMIS (KASI KESEJAHTERAAN)